Restocking Benih Ikan Hias Jenis Nemo sebanyak 4000 ekor diperairan pulau Abang Galang-Batam Kepri bersama Bp. Rahmat Ketua (LPSTK) Kota Batam-Kepri, 9/7/20


Batam, Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau melakukan restocking benih ikan hias jenis nemo sebanyak 4000 ekor diperairan laut pulau Galang-Batam ke alam. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan spesies ikan di alam dan memastikan kelestariannya.

Sebab, laut adalah sumber kehidupan dan penghidupan (Omne Vivum Eks Aquatis), pepatah tersebut memperingatkan kepada kita agar selalu menjaga dan melestarikan sumberdaya laut sebagai upaya menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup.

Restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat  tingkat pemanfaatan yang berlebihan. Tujuan restocking selain menambah stock ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekositem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan dan pertumbuhan ekonomi maritim.

Share this Post

Facebook Twitter Google Plus

Comments